Pada artikel kali ini kami akan membahas obat tradisional asam urat yaitu sidaguri dan sambiloto. Secara tradisional 2 tanaman ini telah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional asam urat secara turun temurun.

Sidaguri (Sida rhombifolia)
Kandungan kimia yang terdapat pada sidaguri adalah alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran dan lubrikan. Pada bagian akarnya pun terdapat kaloid, steroid dan efedrine. Dalam pengobatan tradisional, bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan dengan kondisi segar atau dikeringkan. Selain sebagai obat tradisional asam urat dan rematik, sidaguri bermanfaat untuk flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah, dan eksim. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengatasi influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar/sembelit dan rematik.

obat tradisional asam urat - sidaguri

Cara untuk membuat sidaguri sebagai obat tradisional asam urat


- Sediakan 15-30 gram herba kering sidaguri atau 30-60 gram herba basah sidaguri dan direbus dengan 3 gelas air  hingga mendidih dan hingga tersisa sampai ½ nya. Diminum sebanyak 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Dan apabila menggunakan akarnya dosisnya 10-15 gram.

Selain sidaguri, sambiloto juga sangat baik digunakan sebagai obat asam urat. Sambiloto ( Adrographis Panniculata ) ini berasal dari India.Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan ada beberapa mineral klsium,kalium,dan natrium. Tanaman ini bisa untuk antiradang, penghilang rasa sakit atau analgetik dan untuk penwar racun.

Cara untuk membuat sambiloto untuk obat tradisional asam urat
- Sebelumnya sambiloto dicuci hingga bersih,kemudian rebus sambiloto kering sebanyak 10 gram, bisa ditambah buah lada 1 gram,dan 5 gelas air, rebus hingga mendidih dan hingga menjadi 3 gelas. Sambiloto dapat diminum 3 gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan dan 2 jam setelah makan. Walau rasanya pahit sambiloto sangat manjur untuk obat tradisional asam urat.

untuk kebutuhan obat asam urat alami yang praktis dapat juga mengkonsumsi kapsul Ki-Urat yang diramu dari bahan berkualitas, diproses dengan standar CPOTB dan telah lulus uji pom dan halal. Silahkan hubungi 08123536872 untuk info lebih lengkap.