Apa yang disebut dengan Kanker Serviks?
Kanker Serviks adalah kanker yang dapat menyerang daerah serviks atau leher rahim, yaitu daerah yang ada di bawah pada rahim yang menggabungkan rahim dan vagina. Kanker serviks ini disebabkan oleh virus bernama Human Papilloma Virus – atau yang sering dikenal virus HPV.

Pada umumnya kanker serviks baru akan menujukkan pada tanda-tanda serius, sesudah 10-20 tahun kedepan pada perempuan yang sudah menikah atau aktif secara seksual. Sebab pada masa prakanker dan stadium awal, tidak dapat menujukkan tanda-tanda apapun. Banyak dari pasien kanker serviks baru sadar dan melakukan pengobatan pada stadium kankernya sudah parah.

Semua dapat terinfeksi virus Kanker Serviks?


Baik perempuan dan lelaki yang sudah aktif secara berhubungan intim,baik perempuan maupun laki-laki sangat mudah terserang penyakit virus HPV. Sebab virus ini mudah sekali menyerang para pasangan yang aktif berhubungan seksual.

Banyaknya yang timbul penyakit kanker serviks yang disebakan oleh adanya  penyakit kutil kelamin juga salah satu faktor yang bisa menyebabkan tersebarnya virus HPV. Penyakit kutil kelamin juga dapat disebabkan oleh virus kanker serviks. Tetapi ada perbedaan antar kedua penyakit itu,perbedaannya adalah kalau kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18, kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11.

Kutil kelamin adalah benjolan yang dapat tumbuh pada organ intim(alat kelamin) pada manusia dalam berbagai macam bentuknya. Pada perempuan kutil kelamin muncul  pada vulva dan serviks. Sedangkan pada laki-laki, kutil kelamin biasanya akan tumbuh pada penis atau skrotum dan pada beberapa masalah yang jarang ditemui kutil kelamin tumbuh pada area selangkangan.

Akibat dari Kanker Serviks


Bukan hanya sakit secara fisik, tapi terjangkit virus HPV – yang di sebabkan oleh kanker serviks dan juga kutil kelamin, membuat penderita tidak nyaman secara psikis, yang akan menimbulkan turunnya tingkat percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat dan juga kehidupan dalam berumah tangga, yang paling penting kasus aktivitas seksual bagi pasangan sudah berumah tangga.

Siapa saja dapat terkena Penyakit Kanker Serviks
Biasanya perempuan yang mudah terkena penyakit kanker servik perempuan yang berusia  35-50 tahun, yang paling sering ditemukan perempuan yang sudah berhubungan intim sebelum usia 16 tahun. Berhubungan intim pada usia yang masih kecil bisa menimbulkan risiko penyakit kanker leher rahim sebesar 2 kali dibandingkan perempuan yang melakukan berhubungan intim setelah memasuki usia 20 tahun.
Kanker serviks atau leher rahim juga dapat berhubungan dengan jumlah teman yang berhubungan intim. Semakin banyak teman seksual yang Anda miliki, maka semakin banyak juga dampak terjadinya kanker serviks. Jumlah kehamilan yang pernah dialami juga meningkatkan dampak terjadinya kanker serviks.